Fashion

Keunggulan Penggunaan Motif Batik Pada Bagian Ujung Kain Handuk

Kesadaran masyarakat pada kaum milenial akan penggunaan batik di segala aspek kehidupan seemakin meningkat. Hal ini bisa dilihat dari intensitas penggunaan motif batik yang kian meluas dan tak terbatas hanya pada pakaian saja. Berbagai motif batik seperti batik Jogja dan batik Solo mampu mencuri tempat di berbagai industri tekstil tanah air.

Mengulas penggunnaan motif batik yagn ada pada kain handuk

Kain handuk merupakan kain yang biasa kita gunakan unttuk mengeringkan tubuh dari basah air sewaktu kita pergi ke kamar mandi. Kain handuk begitu penting bagi kehidupan kita. Sehingga produksi kain handuk dari tahun ke tahun berjalan stabil dan bahkan mengalami peningkatan karena tingkat pertumbuhan di Indonesia juga semakin meningkat.

Kain handuk biasanya terbuat dari kain yan sangat mudah menyerap air. Sehingga air yang berada di tubuh kita akan cepat terserap kain handuk dan menguap ke udara. Saat ini, ada banyak variasi dan motif kain handuk yang beredar di pasaran. Harga dari kain handuk tersebut pun bervariasi tergantung kain yang digunakan berkualitas atau tidak.

Desain kain handuk memang tidak terlalu bervariasi. Kebanyakan kain handuk bentuknya adalah kain berbentuk persegi panjang yang memiliki ukuran panjang dan lebar bervariasi sesuai dengan kebutuhan. Adapun warna handuk dan motif yang ada pada ujungnya juga biasanya terbatas, tidak terlalu bervariasi seperti motif pada pakaian.

Mengetahui hal tersebut, akan lebih baik jika motif yang digunakan pada kain handuk menggunakan motif batik. Karena motif batik akan lebih bisa mengisi kekosongan yang terlihat pada kain handuk. Biasanya kain handuk hanya menggunakan motif yang monoton dan kurang menarik pada kedua bagian ujungnya. Namun dengan batik hal tersebut bisa diakali dan tampilan handuk akan menjadi lebih menarik.

Motif batik yang digunakan bisa merupakan motif yang terkenal seperti batik Solo dan batik Jogja. Dengan penggunaan motif batik pada kain handuk, maka hal ini juga bisa disebut sebagai upaya untuk melestarikan warisan budaya tak benda dari negara kita.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*