Cara Mengamankan Akun Google

Akun Google Anda mencakup email, foto, dokumen Drive, video YouTube, dan bahkan mungkin satu atau dua ulasan Google Maps. Di antara semua fitur https://www.abihp.com/ itu, Anda memiliki banyak informasi penting yang dikemas di balik satu kata sandi. Jika jatuh ke tangan yang salah, Anda melihat banyak konsekuensi yang tidak diinginkan.

Kabar baiknya adalah bahwa Google menangani keamanan online sama seriusnya dengan yang Anda (seharusnya) lakukan. Raksasa teknologi ini menawarkan berbagai perlindungan akun dan langkah-langkah keamanan yang dirancang untuk mencegah pengunjung yang tidak diinginkan keluar sambil membiarkan Anda masuk dengan mudah.

Seperti banyak portal online lainnya, Google mendukung verifikasi dua langkah. Itu berarti masuk ke Google di perangkat baru akan memerlukan alamat email, kata sandi, dan kode yang dibuat oleh ponsel Anda. Proses ini menempatkan penghalang ekstra terhadap siapa pun yang mungkin telah mendapatkan alamat email dan kata sandi Anda.

Untuk menyiapkan verifikasi dua langkah, dan mengakses semua pengaturan keamanan akun Google Anda yang lain, buka halaman Akun Saya di web. Klik tab Keamanan di sisi kiri, lalu temukan tajuk Masuk ke Google. Di sana, Anda dapat mengonfigurasi verifikasi dua langkah dan mengubah kata sandi jika perlu.

Apa pun yang Anda lakukan untuk melindungi akun Anda, saran biasa tentang memilih kata sandi yang kuat tetap berlaku. Buatlah setidaknya 10 karakter; campuran huruf, angka, dan simbol; dan pastikan itu sesulit mungkin untuk ditebak. Jangan gunakan kembali kata sandi: Pilih kode yang khusus untuk akun Google Anda (jadi peretasan data dari akun lain juga tidak akan membahayakan akun Google Anda).

Saat Anda menyesuaikan pengaturan keamanan, periksa kembali email pemulihan dan opsi nomor telepon Anda juga. Ini akan membantu Anda mendapatkan kembali akses jika Anda pernah menemukan diri Anda terkunci dari akun Anda. Tentu saja, Anda juga harus memastikan akun ini terlindungi dengan baik dan aman, atau seseorang dapat menggunakannya untuk memaksa penyetelan ulang kata sandi di akun Google Anda.

Antara ponsel cerdas, tablet, laptop, dan komputer kerja, Anda mungkin mengakses akun Google Anda di beberapa perangkat. Di sisi lain, jika komputer di belahan dunia lain masuk ke akun Anda, itu adalah tanda bahaya bahwa sesuatu yang teduh sedang terjadi. Jadi Google memungkinkan Anda memeriksa perangkat yang menggunakan akun Anda.

Google akan secara otomatis memberi tahu Anda melalui email saat akun Anda masuk ke perangkat atau aplikasi baru. Peringatan tersebut mencakup waktu dan tempat login, jadi jika bukan Anda, buka halaman aktivitas perangkat untuk memeriksanya. Anda juga dapat mengakses halaman ini dari tab Keamanan—temukan di mana tertulis Perangkat Anda dan klik Kelola perangkat.

Jika Anda melihat sesuatu di daftar yang tidak Anda kenali atau sudah lama tidak Anda gunakan, klik itu atau tiga titik vertikal di sebelahnya dan klik Keluar atau beri tahu Google bahwa Anda tidak mengenali perangkat tersebut. Jangan khawatir terlalu berhati-hati, karena Anda selalu dapat masuk kembali ke perangkat jika perlu.

Halaman keamanan bukan satu-satunya tempat Anda dapat menemukan layar seperti ini. Ada juga tautan di bagian bawah kotak masuk Gmail Anda yang memberi tahu Anda di mana lagi akun Anda digunakan. Klik tautan Detail di bagian paling bawah, dan Anda dapat keluar dari semua sesi lain yang sedang aktif dalam daftar.

Kami juga menyarankan untuk melakukan audit rutin terhadap aplikasi pihak ketiga yang terhubung ke Gmail Anda, yang juga dapat dilakukan dari halaman Keamanan. Meskipun aplikasi ini dapat berguna untuk meningkatkan pengalaman Gmail Anda, semakin sedikit Anda terhubung, semakin baik dari sudut pandang keamanan. Jadi singkirkan aplikasi apa pun yang tidak Anda gunakan secara teratur atau sudah lama tidak digunakan.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*